Positive Thinking Untuk Hidup Positif

Pandangan dan sikap kita terhadap kehidupan pada umumnya memainkan peranan besar dalam kebahagiaan dan kesuksesan hidup kita. Seseorang yang selalu berpikir positif akan terlihat lebih santai, tenang dan murah senyum daripada orang yang banyak berpikir negatif, yaitu orang-orang yang membiarkan stress melanda dirinya dan selalu pasang muka masam.

Cara berpandangan dan berpikir tidak hanya mempengaruhi diri kita, bahkan juga dapat mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar kita, singkat kata suasana hati mempengaruhi keberlangsungan hari-hari kita. Mengembangkan positive thinking sangat penting jika kita ingin keberlangsungan hidup yang positif.

Ada banyak cara untuk mengembangkan positive thinking, mulai dari mengubah cara berpandangan dan berpikir di berbagai situasi yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Mengubah sikap dan meninggalkan pola negative thinking biasanya tidak dapat dilakukan dalam waktu sebentar dan butuh waktu akan tetapi pada akhirnya pandangan positif tersebut akan muncul secara natural. Lima hal utama yang harus diingat saat mengubah pandangan adalah :

1. Ubah cara berpikir menjadi positive thinking dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Atur pikiran untuk menyelesaikan satu pekerjaan saja pada satu waktu (fokus), hanya berpikir (mindset) tentang hasil yang positif dan seberapa bahagia (bangga) terasa saat kita menyelesaikan suatu tugas. Jangan pernah menyerah karena ragu dan biarkan diri kita percaya bahwa telah banyak yang kita lakukan dan harus melanjutkan apa yang telah kita kerjakan.

2. Jangan biarkan suatu percakapan berubah negatif, saat sedang bincang-bincang mudah sekali seseorang untuk membuat kita patah semangat, terutama jika mereka memiliki pandangan hidup negatif. Jangan tergoda untuk menjadi negatif, ubahlah pembicaraan negatif tersebut menjadi positif dan ambil yang baik-baik saja dalam segala hal dan situasi.

3. Carilah yang orang-orang yang juga berpikir positif di sekitar kita, dengan seperti ini kita dapat mengeluarkan aura positif dari diri kita untuk orang-orang sekeliling.

4. Apa pun yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu cari hal yang baik-baik saja, meski ada pekerjaan membosankan yang kita merasa malas untuk mengerjakannya atau yang membuat kita negatif thinking, cobalah untuk temukan sesuatu tentang hal tersebut yang bisa mengubahnya menjadi situasi positif.

5. Jangan pernah biarkan diri bimbang dan tersesat menjadi negatif, butuh waktu agak lama untuk mengubah cara merasa dan berpikir jika kita sedang dalam keadaan 'down', baru kemudian pandangan positif tersebut akan muncul dalam diri kita.

Seiring berjalannya waktu kita akan menemukan bahwa banyak aspek di dalam kehidupan yang dapat berubah hanya dengan mengubah pandangan kita dari negatif menjadi positif. kita akan merasa harga diri meningkat, lebih populer, lebih bahagia, lebih percaya diri dari sebelumnya, dapat mengatasi pekerjaan yang kita pernah merasa malas untuk mengerjakannya tanpa stress dan cemas, dan hubungan kemanusiaan kita (keluarga, kerabat, teman, dll) akan membaik. Poin-poin tersebut hanya beberapa aspek kehidupan di mana kita dapat memperbaiki diri dan mendapatkan pandangan positif yang dengan demikian menuju ke kehidupan yang juga positif.

---- ---- ---- ----


Dari Ebook “Boosting Self Esteem Guide” By Mark Tanin, Free-Ebooks-Canada.
Diterjemahkan oleh : Dean Rahmat Fuady

Komentar

Postingan Populer