Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

Di bawah ini cara yang simpel dan juga efektif dalam memotivasi karyawan sebagai bawahan anda :

  • Pertama, kita harus paham apa arti motivasi itu sendiri. Kedua, pertimbangkan bagaimana motivasi bisa muncul dan ketiga lihat cara bagaimana para manager membangun skill kepemimpinannya untuk memotivasi karyawan dalam ruang lingkup kerjanya.

Untuk memulai bagaimana caranya memotivasi karyawan, kita harus tahu definisi motivasi. Menurut para ahli, motivasi adalah kondisi internal yang menggerakkan perilaku dan memberi arah, juga menimbulkan energi yang berorientasi pada tujuan langsung.

Bagaimana ini bisa terjadi di tempat kerja ?

Saat memotivasi karyawan, kita harus mengetahui dan paham konsep motivasi, yaitu :

Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

  • Motivasi Intrinsik biasanya datang dari upah atau penghargaan yang sifatnya tetap yang menimbulkan kesenangan dalam melakukan pekerjaan. Buku-buku penelitian di bidang ini yang mungkin dapat kita gunakan adalah seperti karya tulis dari Fritz Heider, Bandura dan Deci.

  • Motivasi Ekstrinsik biasanya datang dari luar, contohnya seperti uang tambahan, insentif, reward, bonus, juga hukuman (walau hukuman tidak direkomendasikan) dll.

Sangatlah penting kita sebagai atasan dapat memahami, mengetahui apa yang memotivasi bawahan dan bagaimana mereka termotivasi oleh keuntungan akan yang mereka dapatkan dari bekerja di bawah aturan kita. Cara kita menyatukan hal-hal tersebut untuk memotivasi bawahan kita akan membimbing mereka untuk memperlancar jalan bisnis kita dan tentu saja membangun karir kita sendiri.

Kata mutiara untuk seorang manager “Motivasilah yang membuat anda memulai. Kebiasaanlah yang membuat anda terus berjalan.” - Jim Rohn.

Demikian artikel memotivasi karyawan, semoga bermanfaat.
Di translate ke Bahasa Indonesia dari “Leadership Skills” ebook by Gradle Gardner
Translated on October 17th, 2017 by Dean Rahmat Fuady

Komentar

Postingan Populer