Cara Berpidato Yang Baik

Anda sudah mempersiapkan dan melatih pidato anda, sekarang saatnya berpidato.

1. Tiba lebih awal
Check ruangan tempat anda akan berpidato, lakukan penyesuaian pada tempat duduk dan angle pencahayaan, jika perlu test mikrofonnya (jika menggunakan), atur dan test peralatan audiovisual anda, bicaralah kepada orang yang akan memperkenalkan diri anda, sapa para pengunjung saat mereka tiba dan bangun hubungan dengan mereka.

2. Atur sikap anda
Ingatlah bahwa para hadirin ingin anda sukses. (penonton mana yang mau nonton tontonan membosankan atau ngalor-ngidul?) dan ingatkan diri anda bahwa anda ingin para hadirin yang menonton anda juga sukses. (Proposal atau gagasan anda akan membantu mereka memecahkan masalah, mencapai tujuan, atau memenuhi kebutuhan mereka, bukan?)

3. Tersenyum
Bahkan sebelum anda memulai pidato, orang-orang akan terus melihat anda, memeriksa anda. Percaya diri (biarpun anda tidak merasakannya), bersemangat, lawan ketakutan dan anda akan memulai pidato dengan benar.

4. Jalan ke podium dengan percaya diri
Saat anda diperkenalkan kepada para hadirin, jalanlah ke arah podium dengan penuh percaya diri dan jabatlah tangan orang yang memperkenalkan anda.

5. Atur tempat anda berpidato
Jika anda berpidato memakai podium, taruh dan atur penempatan catatan anda, sesuaikan mikrofon dengan mulut anda, jejakkan kaki anda, ambillah napas, lihat ke atas, ambil napas lagi. Sedangkan, jika anda berpidato tanpa podium, ambillah tempat yang anda inginkan, jejakkan kaki anda, ambil napas. Lihat ke arah para hadirin, dan ambil napas lagi.

6. Terhubung dengan para hadirin
Lihat ke arah salah satu hadirin pada satu waktu. Jangan berbicara kepada para hadirin secara keseluruhan, tapi bicaralah dengan salah satu hadirin, bangun 'eye contact' dan bicaralah dengan orang tersebut selama paling tidak 5 sampai 7 detik, kemudian cari hadirin lain untuk ulangi proses seperti tadi.

7. Dengan atau tanpa Catatan
Jangan membaca seluruh catatan kata demi kata, jika anda menggunakan PowerPoint, jangan membaca slide anda, hadirin akan bosan (termasuk anda). Gunakan PowerPoint, outlinenya, handoutnya, atau 3 sampai dengan 5 catatan untuk membantu anda mengingat materi pidato. Ingat, tujuan anda berpidato adalah untuk menyampaikan pesan, bukannya untuk mengucapkan setiap kata yang telah anda siapkan di catatan.

8. Bicaralah seolah-olah anda ada di suatu percakapan
Mengatakan "saya....” dan “anda....” kemudian "pembicara ini...." atau "Anda benar-benar...." terdengar sombong. Bagaimanapun hindari mengatakan "anda...." dalam konteks seperti menghakimi atau menyalahkan (hampir semua pernyataan yang diawali dengan "anda semua...." berakhir tidak enak). Bicaralah dalam bahasa, gambar, dan istilah yang mudah dimengerti. Jika anda harus menggunakan jargon, langsung diartikan kecuali anda mengetahui bahwa para hadirin sudah paham arti jargon tersebut.

9. Jadilah diri sendiri
Jika Anda memiliki selera humor, gunakanlah. Jika Anda seorang pendongeng, ceritakanlah sebuah cerita. Jangan meniru pembicara lain, yang bagus juga jangan (anda akan terlihat dan terdengar seperti aspal). Jangan mencoba juga menjadi unik atau menarik. Jadilah sepenuhnya diri anda sendiri, dapat mengendalikan rasa takut dan cemas serta mempunyai keinginan untuk menyenangkan orang lain akan menjadikan anda unik dan menarik.

10. Sampaikan pendapat dan komitmen anda, bukan hanya pesan dari pidato tersebut....

Demikian 10 cara pidato yang baik, semoga bermanfaat.
Di translate ke bahasa Indonesia dari website :
Translated on October 13rd, 2017 by Dean Rahmat Fuady

Komentar

Postingan Populer