9 Cara Untuk Meraih Sukses Besar Dalam Hidup dan Usaha

Semua orang pasti ingin meraih kesuksesan dalam hidup. Akan selalu ada target dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan tersebut. Pertanyaannya, apakah sukses itu ? Sebenarnya, kesuksesan itu relatif, setiap orang dapat berbeda pandangan tentang apa itu sukses.

Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai bisnis servis ganti oli untuk mobil atau motor menargetkan untuk men-servis 50 mobil atau motor setiap harinya, jika mencapai angka tersebut, itu merupakan sebuah kesuksesan. Lain halnya dengan si pecinta musik yang berpendapat bahwa kesuksesan tersebut jika mereka sudah punya album musik mereka sendiri. Kesuksesan tidak selalu harus melibatkan uang. Kesuksesan itu ibarat seperti mendapatkan nilai bagus di mata pelajaran yang sulit atau berhasil menciptakan kue coklat yang sempurna.

Kesuksesan datang dari berbagai macam bentuk dan ukuran. Kesuksesan teramat penting dan membutuhkan kerja keras untuk mencapainya.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa cara untuk mencapai dan melebihi tujuan yang anda ingin capai. Berikut 9 tips dan metodenya telah terbukti yang dapat anda gunakan untuk membangun anda menjadi seseorang yang lebih baik dalam menggapai kesuksesan :

1. Menyadari bakat anda
Agar berhasil dalam mencapai tujuan, anda harus tahu dan kenali bakat anda ada di bidang apa. Sebagai contoh, jika anda ingin menjadi penyanyi tapi tidak mempunyai bakat menyanyi, hampir bisa dipastikan bahwa anda tidak akan meraih kesuksesan di bidang tersebut. Tapi, jika anda suka dan cinta kendaraan terutama mobil, dan mempunyai bakat di bidang teknik mesin dan engineering, sukses dimata anda adalah dapat bekerja untuk NASCAR, karena anda mempunyai bakat di bidang tersebut dan berpotensi untuk mencapai sukses.

2. Jangan melihat ke belakang
Semua orang pasti mempunyai kesalahan di masa lalu. Untuk sukses, anda harus belajar dari pengalaman, hargailah semua pengalaman pahit dan sulit anda dan bukan untuk diratapi. Melangkahlah ke depan dan buatlah menjadi lebih baik, keputusan-keputusan yang anda buat akan lebih matang dari sebelumnya karena pelajaran yang pernah anda petik.

3. Berani bermimpi
Untuk meraih kesuksesan, anda harus mempunyai mimpi dan cita-cita. Jujurlah kepada diri sendiri, apa yang anda inginkan dan apa yang ingin anda persembahkan untuk hidup ini. Izinkan pikiran anda untuk bercita-cita tinggi dan bermimpi besar.

4. Rencana usaha
Buatlah rencana usaha saat mau membangun sebuah bisnis, apakah mau cari investor dan bekerja sama dengannya atau tidak sama sekali, rencana merupakan awal menuju kesuksesan. Rencana usaha mencakup trend pasar, perencanaan keuangan, analisa persaingan, strategi jalan keluar dari masalah, marketing dan promosi, dan semuanya tentang tujuan bisnis anda. Saat akan bekerja sama dengan para investor, anda membutuhkan rencana usaha yang merupakan hal sangat penting melebihi dokumen-dokumen penting lainnya.

5. Jangan menyerah
Anda harus tekun. Bahkan Thomas Alfa Edison pun belajar dari ketekunannya. Dia harus mencoba sampai 10,000 kali saat dia menciptakan lampu pijar untuk dapat berfungsi. Teruslah berjuang bahkan pada saat yang benar-benar sulit sekalipun.

6. Punya sikap yang tidak bisa dihentikan
Anda harus punya determinasi. Ada saja teman dekat, kerabat, atau keluarga yang mungkin niatnya baik untuk memberikan opini, tapi mendorong anda untuk mengubah fokus yang telah anda kerjakan. Tegakkan sikap anda jangan berubah jika anda sudah benar-benar yakin, tekadkan untuk sukses.

7. Berhenti mengeluh
Anda mungkin berpikir tidak ada hubungannya antara mengeluh dan sukses, tapi sebenarnya itu ada hubungannya. Anda membuang banyak waktu berharga saat mengeluh tentang suatu hambatan yang anda hadapi yang seharusnya waktu tersebut dapat anda gunakan untuk terus maju dan berkarya. Anggap tantangan bukan sebagai masalah, tapi buatlah mereka sebagai peluang.

8.Fokus kepada yang anda suka
Untuk meningkatkan peluang sukses, anda harus fokuskan kepada hal yang anda suka. Buatlah daftar hal-hal yang menarik bagi anda saat anda akan memulai mencari bisnis. Lalu di kolom kedua tuliskan apa saja keterampilan yang anda miliki berkaitan dengan hal-hal yang anda anggap menarik tersebut. Ini akan mengkerucutkan pilihan di daftar tersebut berdasarkan ketertarikan dan keterampilan anda yang akan anda gunakan sebagai awal dalam memulai sebuah kesuksesan.

9. Ubah nasib anda
Anda mempunyai pilihan untuk menerima atau mengubah nasib anda. Jika anda memilih untuk menerima nasib anda saat ini dengan harapan sesuatu yang lebih baik akan datang pada waktunya dan dengan sendirinya, nasib anda akan tidak jauh berbeda daripada sekarang. Selalu ingat bahwa anda bisa dan punya kapasitas untuk merubah nasib anda. Sebagai contoh ada seorang wanita yang dalam situasi diperlakukan tidak pantas merasakan tidak punya kontrol atas diri sendiri dan tidak berdaya untuk keluar dari keadaan tersebut. Setiap orang mempunyai pilihan dan kesempatan yang sama untuk merubah nasib mereka. Jika nasib membuat kecil kesempatan anda untuk sukses, maka ubahlah nasib anda.

Demikian artikel 9 Cara Untuk Meraih Sukses Besar Dalam Hidup dan Usaha, semoga bermanfaat.
Di translate ke Bahasa Indonesia dari “404 Self Improvement Tips” ebook by Bob Bastian, yang dipangkas menjadi 9 poin saja.
Translated on October 18th, 2017 by Dean Rahmat Fuady

Komentar

Postingan Populer