11 Cara Meningkatkan Kualitas Diri


Setiap orang harus meningkatkan kualitas dirinya untuk menjalani kehidupan yang sehat dan menggapai sukses, walaupun kesuksesan tersebut tidak dapat dinilai secara kasat mata dan bernilai relatif. Tapi hampir dapat dipastikan setiap orang ingin menjalani hidup ini dengan enak dan lurus serta sukses. Berikut 11 cara untuk meningkatkan kualitas diri, sebagian ide diambil dari beberapa sumber :

Selalu optimis
Jangan pernah menyerah, jika percobaan pertama gagal kita harus mencoba lagi, karena percobaan pertama tersebut adalah suatu proses pembelajaraan, kebanyakan orang dalam masa belajar ilmunya masih belum mumpuni, maka dengan percobaan selanjutnya seharusnya kita sudah bisa mengatasi segala macam rintangannya.

Bersikap tenang
Dengan bersikap tenang kita bisa menemukan ide-ide baru yang kreatif, menemukan jalan keluar dari suatu masalah dan dapat meredam amarah dengan mudah.

Baca buku setiap hari
Buku adalah sumber ilmu, banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan jika kita rajin membaca buku, tapi tetap harus di pilah mana yang benar-benar menyajikan ilmu yang bermanfaat untuk kita.

Pelajari bahasa lain
Penulis merupakan lulusan akademi Bahasa Inggris dan sedang melanjutkan studi Sastranya, yang perlu dipahami tentang bahasa adalah ketika kita mempelajari suatu bahasa tertentu maka dengan sendirinya kita akan mengenali budayanya juga memperluas wawasan dan akan membuka pikiran kita.

Mempunyai hobi
kerjakanlah apa yang kita senangi, hobi merupakan suatu kegiatan yang sudah pasti kita senangi yang berfungsi melepas penat, mengurangi stress dan dapat memberi inspirasi baru untuk kita. Tapi perlu diingat juga, jangan sampai hobi menghambat aktivitas kewajiban kita yang dengan kata lain tidak boleh membuat lalai.

Bangun dan Istirahat lebih awal
Bangun tidur lebih awal membuat kita lebih bugar untuk menjalani hari, bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan juga membuat kita lebih santai, tidak terburu oleh kejaran waktu. Sama halnya dengan saat tidur malam, tidur terlalu larut akan membuat tubuh kita lemas di pagi harinya, tidak semangat, dan buruk untuk kesehatan. Maka disarankan untuk bangun tidur lebih awal di pagi hari dan agar tidur juga lebih awal, tidak terlalu larut malam.

Keluar dari zona nyaman
Salah satu syarat untuk sukses adalah hijrah, hijrah dalam arti kiasan dan sebenarnya. Kata hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat.1 Sedangkan arti kiasannya adalah berpindah dari kebiasaan lama menuju kebiasaan baru yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi keluar dari zona nyaman dapat diartikan sebagai hijrah, karena dengan hijrah berarti kita meninggalkan zona yang selama ini kita anggap aman dan nyaman.

Pahami kekurangan diri
Jika kita telah memahami kekurangan diri sendiri, terimalah hal tersebut dan carilah cara untuk mengatasinya. Sebagai contoh, misal kita lemah dalam hal-hal berhitung dan matematika, maka pelajarilah hal tersebut atau dengan tidak mengambil konsentrasi ke hal tersebut, maksimalkanlah yang anda sukai.

Makan makanan yang sehat
Gizi adalah zat-zat yang berfungsi sebagai komponen pembangun tubuh untuk mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia berfungsi dan berjalan sebagai mana fungsinya. 2 Jadi dengan makan makanan yang bergizi dapat membuat tubuh sehat dan bersemangat menjalani aktivitas yang padat sehari-hari.

Atur waktu sebaik-baiknya
Orang sukses ialah orang yang bisa bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Sebab, mereka menyadari waktu sebanding dengan uang yang dihasilkan.3

Beribadah dan berdoa kepada Tuhan sang pencipta
Kekuatan ibadah dan doalah yang paling penting untuk manusia dalam meningkatkan kualitas hidupnya, karena ibadah dan doa adalah pondasi manusia agar tidak jatuh dan terperosok menghadapi berbagai rintangan dan tantangan hidup.


Sumber :

Jakarta, 19 Oktober 2017
Ditulis oleh : Dean Rahmat Fuady

---- ---- ---- ---- ---- ---- ---- ----

Komentar

Postingan Populer